Oleh: Thomas William | Maret 31, 2009

Tips Merawat Cookerhood

cookerhoodSetiap perabot perlu dirawat. Tak terkecuali cookerhood. Perabot dapur yang satu ini rentan kotor karena fungsinya.

Terpasang di atas tungku, cookerhood berfungsi untuk menyedot asap dan bau selama proses memasak berlangsung. Keberadaannya penting, terlebih pada dapur yang tidak memiliki cukup bukaan untuk menghalau asap dan bau yang timbul selama memasak.

Adakalanya fungsi cooke hood terganggu karena bagian-bagian penting alat penyedot asap ini kotor. Kekotoran itu akibat terlalu banyak menyedot debu, uap air, dan uap minyak goreng.

Selain terlihat jorok, kotoran mempengaruhi daya isap cookerhood. Pada dasarnya, sistem kerja cookerhood ini mirip dengan exhaust fan. Kipas di dalamnya menyedot asap dan uap, kemudian membuangnya keluar ruangan. Beberapa cookerhood telah dilengkapi filter, sehingga asap dan bau yang tersedot tidak mengganggu tetangga.

Meski berfungsi positif, filter menjadi elemen cookerhood yang rentan kotor. Di sinilah biasanya debu, uap air, dan uap minyak goreng bersarang. Jika keberadaan kotoran ini semakin menumpuk, maka pori-pori filter bisa tertutup. Akibatnya, lalu lintas udara yang terisap jadi terhalang, sehingga akhirnya akan menurunkan daya isap alat.

Agar tetap berfungsi maksimal, cookerhood perlu dibersihkan secara berkala. Langkah-langkahnya sederhana. Anda pun bisa mengikuti tahapan pelaksanaannya. *

Bahan dan Alat:

  1. Sabun dan spons cuci piring
  2. Kuas

Langkah-langkah Pengerjaan:

  1. Lepaskan penutup bagian bawah cookerhood.
  2. Buka penjepit filter kawat yang melekat pada bagian dalam penutup.
  3. Bersihkan penutup bagian bawah cookerhood. Beri sabun pada bagian dalam dan luarnya. Bilas di bawah guyuran air keran.
  4. Lepaskan filter kedua. Bersihkan filter menggunakan kuas, terlebih bagian celah-celah yang sulit terjangkau lap. Setelah itu, bersihkan bagian luar filter kedua menggunakan lap basah.
  5. Bersihkan kipas penyedot. Gunakan kuas dan lap basah.
  6. Pasang kembali filter dan penutup.

Sumber: Idea Online


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: